Daffa R Hanya pemula yang suka bermain game dan begadang hingga pagi.

8 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Untuk Website, Begini Caranya!

4 min read

 

Tips Menulis Artikel SEO

Membuat artikel yang berkualitas dan mudah dipahami sangatlah penting, apalagi jika kamu sedang mengembangkan website. Maka dari itu kamu harus mempelajari Tips Menulis Artikel SEO

Pada dasarnya untuk membuat artikel harus memiliki kerangka dan konsep yang matang. Artikel yang dibuat pun harus tepat dan jelas, agar pembaca mudah memahami isi artikel dan bisa memberikan performa yang baik di mesin pencarian.

Mungkin ada yang berfikir, kenapa harus repot menguasai penulisan artikel yang SEO Friendly? apakah cara menulis artikel biasa saja tak cukup? jawabannya agar artikel yang anda buat bisa menduduki halaman pertama di google.

Lalu apa saja keuntungan menerapkan penulisan artikel seo?

  • Menaikkan Traffic Website, dalam artian pengunjung suka dengan artikel yang kita buat.
  • Menaikkan Rangking Website. dengan traffic yang terus bertambah, artikel dipastikan bisa menduduki halaman pertama google.
  • Meningkatkan SEO Onpage Website

Nah itulah keuntungannya. Sebelum masuk ke pembahasan selanjutnya, alangkah baiknya kita mengetahui arti SEO.

Pengertian SEO

Pengertian SEO

Wajib diingat! SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, bisa dibilang strategi untuk mengoptimalkan laman web dengan teknik khusus.

Dengan menerapkan teknik SEO, laman web yang telah dioptimasi kemungkinan bisa menempati urutan pertama di mesin pencari.

Perlu diingat juga! Teknik SEO terbagi menjadi dua yaitu SEO Offpage dan SEO Onpage. Sederhananya SEO Onpage berfokus kedalam struktur penulisan konten, sedangkan SEO Offpage berfokus kedalam pembangunan link atau disebut Backlink

Baca Juga: Tools Riset Keyword Gratis, Dijamin PageOne

Menurut kalian pentingkah menerapkan teknik SEO? itu semua tergantung diri kita sendiri.

Setelah mengulas pengertian SEO mari kita ulas Cara Menulis Artikel SEO

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Ada banyak tutorial Cara Menulis Artikel SEO yang bisa kamu dapatkan di internet, mulai dari pegiat SEO, penyedia layanan hosting dan blogger pemula.

Disini saya tidak akan membagikannya secara utuh, sebab nantinya akan sangat panjang dan mungkin bisa membuat kalian bosan. Langsung simak yuk

Tentukan Keyword Yang Tepat

Pertama-tama Sebelum menulis artikel, ada baiknya tentukan keyword yang mau kamu bidik. usahakan memilih jumlah pencarian dan persaingan yang rendah.

lho kok harus memilih yang rendah? jawabannya jika website sudah mumpuni dari segi DA PA membidik keyword dengan jumlah pencarian yang besar pun gak masalah.

Namun yang dipermasalahkan ketika website-mu baru seumur jagung dan kamu terlalu memaksa untuk menentukan keyword dengan pencarian dan persaingan tinggi, ya pasti kalah.

Ibaratnya kamu seekor kucing dan kamu ingin melawan singa yang buas. hasilnya, kalah duluan bukan? Anggap saja candaan hehe

Nah, Untuk mencari keyword gunakan beberapa tool dibawah ini:

  • Ubersuggest
  • Google Keyword Planner
  • DLL

Baca Juga: Tools Riset Keyword Gratis

Menentukan Judul Yang Menarik

Setelah kamu menentukan keywordnya, selanjutnya adalah menentukan judulnya. Judul harus mengandung fokus keyword yang kamu tentukan, jangan pernah membuat judul asal-asalan tanpa memperhatikan aturan SEO onpage.

Contohnya:

  • Fokus Keyword: Tips Menulis Artikel SEO
  • Judul: 15 Tips Menulis Artikel SEO, Dijamin Pageone!

Sedikit Tips dari PintarMemasak:

  • Utamakan keyword nempel 100% di dalam judul artikel
  • Buatlah judul semenarik mungkin
  • Jangan pernah memisahkan keyword dalam judul

Yaps, jika kamu bingung membuat judul yang relevan. Ada baiknya kalian menerapkan 3 tips diatas, dan pastikan keyword tersusun rapih dalam judul.

Perhatikan URL Artikel

Ada beberapa blogger yang mengatakan makin panjang url artikel semakin bagus, sepertinya tidak. Menurut mastah blogger seperti PanduanMenulis, PanduanIM, Sugeng.id, Blogooblok. semakin pendek url, semakin bagus.

Usahakan gunakan fokus keyword saja dalam URL seperti Contoh:

Fokus Keyword: Tips Menulis Artikel SEO

URL: https://www.pintarmemasak.com/tips-artikel-seo

Jujur saya masih belum paham dengan alasan semakin pendek, semakin bagus. Tetapi, setelah saya mengamati pegiat seo. Ada beberapa diantaranya menggunakan url pendek, lalu saya mengikutinya.

Perhatikan Jumlah Kata

Berbicara tentang jumlah kata artikel yang pas untuk SEO, ada dua cara untuk menentukan jumlah kata yang bisa kamu gunakan.

1). Jumlah kata yang sangat direkomendasikan untuk SEO adalah 600 – 1000 kata, para jasa penulis artikel yang bertebar di internet juga sangat merekomendasikan 600-1000 kata untuk mencapai SEO.

Nah, Jika anda menggunakan plugin Rankmath. salah satu plugin SEO terbaik, Mereka menganjurkan 600 – 1000 kata yang harus ditulis, itu minimal ya!

2). Untuk mencapai halaman 1 google, kamu harus membuat artikel pilar. Dikutip dari Kontensiana, Artikel pilar sendiri ditulis minimal 2500 – 10000 kata.

Menurut situs dari PanduanIM juga menganjurkan agar artikel yang ditulis harus mencapai 2000 kata, kamu harus melihat kualitas kompetitor terlebih dahulu. Selama jumlah kata yang kamu tulis kalah dengan kompetitor, Maka jangan harap bisa bersaing dengannya.

So, ini semua tergantung anda. Kedua cara yang saya bagikan sama – sama kuat, jika kamu terlalu malas menulis silahkan ikuti cara ke 1. Namun, jika kamu ingin lebih meningkatkan seo artikel silahkan ikuti cara ke 2.

Manfaatkan Penggunaan Heading dan Subheading

Heading fungsinya untuk memudahkan pembaca memahami topik bahasan dalam artikel, kemudahan membaca ini tentunya meningkatkan kepuasan pada pengunjung terhadap artikel yang kamu tulis.

Menggunakan Heading juga membantu Google menemukan topik bahasan pada artikel yang kamu tulis, sehingga bisa menaikkan rangking website di mesin pencari.

Selanjutnya. Kamu juga bisa memanfaatkan penggunaan Subheading dalam artikel, agar turunan topik pembahasan dari Heading dapat diuraikan secara rapih dan teratur.

Saya sebutkan contoh penggunaan Heading dan Subheading yang bisa kalian tiru.

Heading: “4 Tools Riset Keyword Gratis”

Subheading: “Google Keyword Planner”

“Ubersuggest”

“Keywordtool.io”

“Moz”

Intinya seperti topik turunan, setelah itu jelaskan bagaimana cara penggunaanya

Gunakan Link Internal dan Eksternal

Untuk menulis artikel yang akan diunggah, terkadang membutuhkan link. Kok membutuhkan link? yaps, fungsi link di artikel biasanya untuk memberikan penjelasan lebih lanjut kepada pembaca.

Sederhananya, Link Internal adalah link yang akan menuju pada salah satu artikel di blog kamu, sedangkan Link Eksternal adalah link yang menuju ke blog lain. Keduanya memiliki fungsi masing masing.

Saya berikan contoh link eksternal yang merujuk pada situs lain untuk menjelaskan lebih dalam tentang Cara Menggunakan Link Internal dan Eksternal Yang Benar

Jika kamu ingin menambahkan link eksternal di artikel-mu, sebaiknya merujuk ke situs besar seperti Wikipedia DLL.

Mengoptimasi Gambar

Optimasi Gambar SEO

Memasukkan setiap gambar kedalam artikel memang bagus. Hal ini supaya mencegah pembaca tidak bosan, apalagi jika artikelnya panjang. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya performa gambar diartikel kamu bisa berfungsi optimal.

1). Sebelum kamu mengupload gambar, pastikan nama file gambar kamu sesuai dengan fokus keyword yang sedang digunakan. Hal ini tentunya memudahkan Google untuk menyesuaikan gambar dengan artikel yang diupload.

2). Alt Text yang digunakan juga harus sesuai dengan fokus keyword, fungsinya untuk memudahkan mesin pencari mendeteksi gambar dan teks yang ada didalamnya. Terlebih, jika terjadi error saat loading gambar. Alt Text ini yang akan muncul.

3). Kamu juga harus mengoptimasi gambar dengan memperkecil file sizenya agar loadingnya lebih cepat, ada beberapa layanan yang menyediakan compress image tanpa memperburuk kualitas gambar. Berikut ini, layanan yang bisa kamu coba:

  • https://compressjpeg.com/
  • https://tinypng.com/
  • https://kraken.io/
  • DLL

Baca Juga: cara mempercepat loading website

Gunakan Meta Deskripsi

Yang terakhir perhatikan meta deskripsi, sebab meta deskripsi yang akan mewakili seluruh isi artikel pada tampilan mesin pencari, semakin menarik meta deskripsi yang kamu buat. Maka berpotensi menarik perhatian pengunjung.

Menurut peraturan plugin Yoast SEO, sederhananya meta deskripsi ditulis tidak lebih dari 155 kata juga tak kurang dari 121

Jangan lupa! Meta deskripsi harus mengandung fokus keyword, jadi buatlah meta deskripsi semenarik mungkin

Kesimpulan

Intinya dalam membuat artikel seo friendly yaitu mengikuti standar plugin seo seperti Yoast, RankMath. Jika semua hijau bisa disimpulkan artikel anda sudah SEO.

Kesimpulannya seperti itu, ada pula tahap selanjutnya. Yaitu membagikan artikel ke platform Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya. Itu adalah cara optimasi seo offpage.

Sedangkan untuk teknik menulis artikel seo sudah cukup sampai disini. Bila ada kesalahan dalam tutorial artikel kali ini mohon dikoreksi pada kolom komentar dibawah ya!

 

Daffa R Hanya pemula yang suka bermain game dan begadang hingga pagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *