Daffa R Hanya pemula yang suka bermain game dan begadang hingga pagi.

8 Tips Memilih Web Hosting Berkualitas Untuk Website

4 min read

Tips Memilih Web Hosting Berkualitas

Dalam memilih web hosting tentunya harus ekstra hati-hati. layanan hosting yang anda pilih nantinya akan menjadi “Rumah” bagi website anda, oleh sebab itu artikel ini akan menjelaskan Tips Memilih Hosting Berkualitas Untuk Website.

Terdapat banyak jasa penyedia layanan web hosting yang bertebaran di internet, namun ada beberapa yang tidak termasuk kriteria web hosting terbaik.

Nah. Sebelum anda memilih layanan hosting untuk website, alangkah baiknya kita simak kriteria layanan hosting terbaik.

Apa Saja Kriteria Hosting Terbaik?

Supaya tidak salah dalam memilih hosting, tentunya anda harus menetapkan kriteria kan? Ada empat kriteria yang menunjukkan bahwa penyedia layanan hosting itu berkualitas.

  • Speed – Perhatikan berbagai aspek yang menunjang performa server. Contohnya: Bandwith, Storage dan Plugin Kecepatan Website.
  • Support – Perhatikan layanan support yang ditawarkan oleh penyedia hosting, Contohnya: 24/7 Live Chat, Email dan Number Phone.
  • Security – Pastikan penyedia hosting bisa menjamin keamanan web, contohnya seperti proteksi Malware dan DDOS serta Free SSL
  • Scalability – Penyedia hosting harus mempermudah anda untuk berkembang, contohnya dengan menawarkan paket – paket yang cocok dengan kebutuhan web anda.

Nah, apa berarti seluruh web memerlukan tipe hosting dengan performa server dan keamanan yang optimal? jawabannya belum tentu.

Anda harus tau! website yang jumlah trafficnya rendah seperti Personal Blog, tentu tidak perlu sumber daya server yang berlebih.

Sedikit info! terdapat beberapa contoh jenis hosting untuk kebutuhan website

  • Shared Hosting: Personal Blog (Cocok untuk traffic rendah)
  • Cloud Hosting: Website Perusahaan, Toko Online dan Portal Berita (Cocok untuk traffic menengah)
  • VPS: Ecommerce, website proyek (cocok untuk high traffic blog)

Jadi bisa kita simpulkan bahwa memilih layanan hosting terbaik adalah dengan memilih yang paling sesuai untuk kebutuhan website.

Bagaimana Tips Memilih Web Hosting Berkualitas?

Tips Memilih Hosting Berkualitas

Selanjutnya, apa saja yang harus anda cek sebelum memilih hosting untuk website anda?

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Tentukan Jenis Web Hosting Untuk Website

Ada beberapa jenis hosting yang tersedia, dikutip dari Domainesia. Seperti:

  • Shared Hosting

Shared Hosting merupakan layanan hosting yang hanya memakai 1 server saja. Bila dibanding dengan Cloud Hosting, hosting tipe ini kurang fleksibel.

  • Cloud Hosting

Cloud Hosting merupakan layanan hosting yang tersambung pada banyak server tetapi terpusat pada sistem cloud. Jadi, file web kalian sesungguhnya bukan terdapat di satu server, tetapi terdapat di sebagian server lainnya yang dihubungkan oleh internet. Cloud Hosting dinilai lebih unggul sebab lebih powerful serta reliable. Bila terdapat server yang bermasalah, nantinya file web akan dipindah ke server yang lainnya.

  • VPS (Virtual Private Server)

VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server. Virtual Private Server atau biasa diucap dengan Virtual Server dan juga Virtual Machine. Virtual Server merupakan suatu teknologi virtualisasi di mana bisa membagi sumber daya suatu server fisik menjadi beberapa bagian secara virtual.

  • Dedicated Hosting

Dedicated Hosting merupakan layanan hosting dimana seluruh akses kontrol diberikan kepada user. User akan diberikan full akses kontrol sebagai root ataupun administrator. Nantinya user akan bertanggung jawab terhadap seluruh maintenance, hardening, kontrol dan security.

  • Colocation Server

Colocation Server hampir mirip dengan Dedicated Hosting sebab user mempunyai full akses kontrol terhadap server. Hosting tipe ini juga membagikan akses fisik server kepada user. Jadi, perusahaan yang memakai Colocation Server wajib melaksanakan maintenance fisik serta memikirkan permasalahan internet, sumber daya listrik, penyimpanan server serta perihal teknis yang lain.

Dari sekian daftar jenis web hosting diatas, silahkan pilih sesuai kebutuhan website. Misalnya, anda ingin membuat web pribadi bisa memilih Shared Hosting ataupun Cloud Hosting.

Perhatikan Kualitas Server Web Hosting

Hal pertama yang harus anda lakukan mengetahui kualitas server suatu layanan terlebih dahulu, jangan sampai karier anda di dunia online terhambat karena website yang sulit diakses.

Terdapat beberapa parameter yang bisa kita dilihat. Contohnya, lokasi server. Apabila website anda menargetkan pengunjung Indonesia, ada baiknya server website anda juga berada di Indonesia.

Tidak hanya itu anda juga perlu mencermati spesifikasi server yang terletak pada data center penyedia layanan web hosting tersebut, Spesifikasi ini mencakup teknologi server, kecepatan prosesor (tipe prosesor ataupun berapa core yang digunakan), kapasitas RAM, harddisk (apakah memakai SSD ataupun tidak), dan network speed (Semakin cepat maka semakin baik).

Pastikan Customer Support 24 Jam dan Fast Respon

Disini anda harus pastikan apakah penyedia web hosting tersebut memiliki tim Customer Support yang cepat respon?

Lebih tepatnya, tim Customer Support layanan hosting anda harus tersedia 24 jam. artinya mereka selalu ada kapanpun anda membutukan bantuan teknis, selain itu mereka juga harus dapat menyelesaikan masalah apapun yang anda alami. Seperti curhat tentang mantan (eh salah) intinya bantuan teknis gitu lah.

Tingkat keramahan dan sopan santun tim Customer Support adalah kunci utama yang harus kalian perhatikan. tentunya anda ingin diperlakukan secara baik, bukan? Selanjutnya perhatikan juga melalui cara apa anda menghubungi mereka. Penyedia hosting yang baik pasti akan menyediakan sarana komunikasi untuk anda seperti Live Chat, Email, Tiket Bantuan dan Panggilan Telepon.

Pastikan juga fast respon dalam kondisi apapun dan dimanapun, Customer Support yang cepat respon akan diminati oleh banyak pelanggan.

Pilih Web Hosting dengan Garansi 99,9% Uptime

Apa sih yang dimaksud dengan Garansi 99,9% Uptime? Maksudnya. Penyedia hosting garansi server up sebanyak 99,9%, tidak ada penyedia hosting manapun yang menjamin servernya tidak down.

Kalaupun ada harus dipertanyakan kebenarannya, untuk itu. Pilihlah penyedia web hosting yang menyediakan garansi 99.9% Uptime, pilih juga layanam web hosting yang memberikan keterbukaan terhadap status servernya.

Harga Terjangkau

Jika ingin memilih layanan web hosting Indonesia bermutu. Yakinkah anda memperoleh harga terbaik? Harga yang anda bayarkan idealnya cocok dengan paket ataupun layanan yang anda pakai, jangan sampai anda harus membayar sangat mahal untuk layanan serupa di penyedia layanan hosting lainnya.

Anda dapat membedakan rincian spesifikasi antar layanan hosting beserta harganya, perlu diingat level harga yang lebih tinggi biasanya menawarkan jenis paket serta kualitas yang baik.

Contohnya VPS, layanan hosting VPS memiliki kisaran harga yang lebih tinggi dibandingkan paket Cloud Hosting, kenapa bisa begitu? Layanan Hosting VPS memberikan spesifikasi teknis yang lebih memadai, sehingga performa yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Selain itu, ada juga penyedia hosting yang menawarkan paket harga murah. harga yang relatif murah memang baik untuk kita, namun tidak selamanya baik. Untuk apa membeli yang murah tetapi tidak memiliki kualitas yang baik?

Oleh sebab itu. Saya menyarankan agar anda serius memperhatikan layanan yang anda gunakan, Pastikan anda mendapatkan harga yang terjangkau.

Penyedia Hosting Menawarkan Garansi Uang Kembali

Garansi Uang kembali merupakan fasilitas terbaik yang dapat diberikan oleh penyedia web hosting. Artinya, penyedia hosting menjamin kepuasan anda selaku pelanggan.

Adanya fasilitas seperti ini. tentu membuat pelanggan senang, bayangkan saja. Jika anda tidak puas dengan layanan hosting mereka, anda bisa melakukan klaim dan uang anda dikembalikan.

Pastinya setiap penyedia web hosting memiliki kebijakan seperti ini, hanya saja. Masing – masing syarat dan ketentuannya berbeda, jika keterangannya kurang jelas anda bisa menanyakannya melalui tim support penyedia layanan hosting yang anda gunakan.

Ingat ini hanya jaminan kepuasan anda, dengan adanya fasilitas seperti ini seharusnya membuat anda merasa aman. Bukannya malah membuat anda cenderung ragu.

Dapat Upgrade Web Hosting Kapan Saja

Kita tidak akan tahu perkembangan website 5 tahun kedepan, untuk itu. Pastikan hosting yang anda gunakan dapat di Upgrade, proses upgrade adalah proses dimana fitur dan kapasitas hosting ditingkatkan.

Misalnya, sekarang ini anda membuka website toko online dengan menggunakan hosting kapasitas 1GB saja. Nah, tiba-tiba customer melonjak naik maka anda perlu upgrade hosting agar website tidak lambat, email tidak penuh dan pastinya kualitasnya semakin bagus.

Dengan upgrade hosting seharusnya anda bisa mendapatkan fitur tambahan seperti Akses SSH, Pengelolaan Cache, Security, Unlimited Domain dan Subdomain.

Review Pelanggan

Sebelum menentukan layanan mana yang nantinya anda gunakan, ada baiknya anda mempertimbangkan pendapat orang lain.

Terdapat banyak sumber yang dapat Kamu telusuri, mulai dari blog sampai forum, guna memperoleh pembahasan mengenai suatu layanan hosting. Pastinya tidak seluruhnya obyektif, anda harus sedikit berhati-hati, sebab banyak yang hanya ingin menggunakan rasa keingintahuan anda demi mengeruk keuntungan Pribadi. Anjuran saya, anda hanya perlu membaca ulasan dari blog serta forum terpercaya untuk memperoleh cerminan yang lebih obyektif.


Nah, sudah siapkan anda mencari “Rumah” bagi website anda? Semoga dengan 8 poin diatas dapat membuat anda menemukan paket hosting terbaik dan berkualitas. See You!

Referensi: https://www.niagahoster.co.id/blog/6-cara-memilih-web-hosting-terbaik-untuk-website-anda/

Daffa R Hanya pemula yang suka bermain game dan begadang hingga pagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *