Daffa R Hanya pemula yang suka bermain game dan begadang hingga pagi.

7 Cara Mempercepat Loading Website WordPress!

3 min read

Cara Mempercepat Loading Website

PINTARMEMASAK.com – Untuk sahabat internet dirumah yang sering browsing informasi dan berita. Pastinya akan kesal jika mengunjungi website yang loadingnya sangat lama, Kalo aku sih biasanya langsung menutup halaman website itu dan mengunjungi website yang lain.

Pengaruh negatif untuk website yang lambat biasanya akan mengalami penurunan peringkat di SERP ( Search Engine Result Page), hal berikut sudah pernah dijelaskan oleh Google bahwa kecepatan website menjadi faktor penentu rangking di mesin pencari.

Apalagi jika kalian mengelola website dan ternyata kecepatan website tersebut sangat lambat, tentunya akan sangat berdampak buruk bukan? Nah di artikel ini kalian akan belajar bagaimana cara mengoptimasi kecepatan website hingga 60%.

Test Kecepatan Loading Website

Kamu harus tau! terdapat beberapa pedoman penilaian tentang kecepatan website:

  • Dibawah 1 detik : sempurna
  • 1 – 3 detik: Bagus (diatas rata-rata)
  • 3 – 7 detik: Rata – rata ( hampir buruk)
  • 7 detik: sangat buruk

Untuk mengetahui kecepatan website ada beberapa tool yang bisa kalian gunakan dengan Google Page Speed Insights, Pingdom, GTmetrix dan WebPage Test.

Cara meningkatkan kecepatan website

Nah. untuk kecepatan blog pintarmemasak.com yang saya kelola bisa dibilang sempurna, karna memiliki loading time yang cukup cepat. Perlu diketahui dampak terburuk yang diperoleh kepada website – website yang lemot diantaranya:

  • Traffic semakin berkurang
  • Konversi pendapatan menurun
  • SEO website semakin buruk

Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Ratusan bahkan ribuan website sudah pernah membagikan tips ini, namun saya bahas kembali dengan kemampuan sendiri. Berikut, Cara Mempercepat Loading Website WordPress

Gunakan Layanan Hosting Terbaik

Faktor pertama untuk mempercepat loading website yaitu gunakan layanan hosting terbaik, tentunya kalian harus bijak dalam memilih penyedia hosting. Ada beberapa penyedia hosting yang saya rekomendasikan seperti Niagahoster, Jogjahost, Dewabiz dan Domainesia. Namun untuk website ini saya memakai hosting dari Idwebhost.

Note: “untuk link yang tertera langsung menuju situs penyedia hosting, saya tidak menggunakan link refferal ataupun mendapatkan komisi lainnya.”

Gunakan Plugin Cache

Apa itu cache? Caching / Cache adalah proses penyimpanan data sementara sehingga website, browser dan aplikasi tidak mengunduh data tersebut berulang kali.

Biasanya saat mengakses website untuk pertama kali terasa sedikit lama karna data belum tersimpan. Namun, setelah akses kedua atau seterusnya akan terasa cepat karna data cache website telah tersimpan.

Ada beberapa plugin cache gratis yang bisa kamu gunakan diantaranya:

  • LiteSpeed Cache
  • W3 Total Cache
  • Wp Fastest dan lain lain.

Namun saya lebih menyukai plugin Wp Super Cache, guna dari plugin ini adalah meningkatkan kecepatan blog wordpress kamu.

Memilih Tema WordPress Yang Ringan

Kebanyakan dari kalian memilih tema yang menarik guna mengundang traffic, tetapi tema juga sangat mempengaruhi kecepatan loading blog kamu lho!

Pastikan tema yang kalian gunakan responsive dan cepat. terdapat banyak tema WordPress yang super ringan, Hal ini pastinya akan meningkatkan kecepatan website kamu.

Jika kalian menggunakan tema yang rumit, biasanya fitur yang tersedia dari tema itu akan membuat kinerja website kamu semakin berat. Saya sarankan kamu memilih tema dengan opsi yang lebih ringkas.

Kemudian, pastikan tema kamu sudah memiliki fitur responsif, Tema responsif merupakan tema yang memuat sedikit resources untuk mobile browser dan membuat gambar yang memiliki resolusi tinggi menjadi ringan.

Perlu diketahui memiliki website yang responsive pastinya sangat disukai oleh mbah google sehingga bisa meningkatkan SERP pada mesin pencari.

Jika kamu mementingkan kecepatan website, ada beberapa tema ringan dan responsif yang saya rekomendasikan yaitu GeneratePress, Neve, Astra, Ghost Lite dan Twenty Twenty.

Batasi Penggunaan Plugin

Menggunakan terlalu banyak plugin bisa menjadi salah satu faktor lambatnya loading website, sebenarnya tidak apa – apa jika memang diperlukan dan pluginnya tidak memberatkan website.

Alangkah baiknya, Kita gunakan plugin yang penting saja. Sisanya baru kalian sesuaikan dengan kebutuhan, contohnya

  • Plugin SEO: RankMath, Yoast, All In One Seo dan SEO FrameWork (kita bisa gunakan salah satu dari plugin tersebut)
  • Plugin Keamanan: Loginizer atau lainnya (pilih salah satu)
  • Plugin Tambahan: gunakan jika memang diperlukan untuk website anda

Selanjutnya kita bisa delete / menonaktifkan plugin lain yang tidak digunakan, agar tidak membuat kinerja website kita semakin berat.

Optimasi Berat Gambar dan Perkecil Ukuran Gambar

Jika ingin mengupload gambar di konten anda, usahakan memilih gambar dengan berat dibawah 100kb. Jika lebih dari itu bisa dipastikan loading website anda menjadi lambat, namun. Jika sudah terlanjur upload ke sever hosting, kamu gausah khawatir karna ada beberapa plugin yang bisa digunakan untuk melakukan compress pada gambar menjadi lebih ringan, antara lain:

  • Imagify
  • Smush
  • EWWW Image Optimazer

Setelah melakukan compress pada gambar, selanjutnya memperkecil ukuran pixel gambar. Untuk keperluan artikel saya selalu menggunakan dimensi foto 600-800 pixel itupun sudah cukup kok.

Kita juga bisa memperkecil ukuran dimensi foto menggunakan plugin wordpress yang sudah tertera diatas.

Minify File CSS dan Javascript

Apa itu Minify? Minify merupakan proses menghilangkan karakter yang tidak digunakan dalam struktur kode, sehingga file kode menjadi lebih ringan dan membuat website anda semakin cepat

Rekomendasi plugin wordpress untuk minify file css dan javascript yaitu Autoptimaze, karna sangat mudah digunakan dan tidak membutuhkan waktu yang lama saat proses minify file kode.

Optimasi Homepage Website

Tema WordPress Ringan

Cara terakhir mempercepat loading website yaitu mengoptimalkan homepage, sebab homepage adalah bagian paling penting dari situs dikarnakan pengunjung pertama kali mengakses web tentu akan masuk ke homepage.

Cara Mengoptimalkan Homepage

  • Tampilkan artikel dengan bentuk kutipan atau ringkasan.
  • Membatasi jumlah postingan di Homepage. (Kalo saya minimal 5)
  • Delete / Hapus widget yang tak terpakai
  • Usahakan tampilan homepage seminimalis mungkin, karna pengunjung datang ke situs kita untuk melihat artikel bukan widget

Jika kamu sudah menerapkannya, pastinya akses Homepage kamu akan cepat terbuka.

Yaps, itulah 7 cara mempercepat loading website Blog dan WordPress, semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan kalian.

Selamat Mencoba!

Baca Juga: Cara Meningkatkan Traffic Blog

Daffa R Hanya pemula yang suka bermain game dan begadang hingga pagi.

2 Replies to “7 Cara Mempercepat Loading Website…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *